Air Terjun Sipiso-piso berlokasi di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Tanah Karo, Sumatra Utara. Ingin tahu mengapa air terjun ini dinamakan demikian? Masyarakat setempat menamakannya Sipiso-piso sebab air yang mengalir deras dari atas jurang yang curam tersebut dari kejauhan tampak seperti pisau

 

Air Terjun Sipiso-Piso

Keindahan air terjun ini hadir dari tingginya air yang mencapai 120 meter. Termasuk sebagai salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Apablia, dilihat dari kejauhan derasnya debit air yang turun dari atas ke bawah membuat objek wisata ini terlihat seperti sebuah pisau. Dalam bahasa batak piso adalah pisau.

Kawasan ini semakin sangat cantik karena, di samping kanan dan kiri air terjun terdapat pepohonan-pepohonan yang tumbuh dengan warna hijau. Perpaduan warna inilah yang mempu menyuci mata supaya jernih dan siap menghadapai kenyataan yang ada.

Karena, tempat ini mempunyai 500an anak tangga. Sudah bisa dibayangkan jika, menuruni 500 anak tangga sama dengan naik anak tangga dengan jumlah yang sama. Waktu yang di tempuh mencapai kawasan ini kurang lebih 45 menit hingga 1 jam. Tergantung seberapa lama, sobat native mengambil nafas selama perjalanan.

Nah, objek wisata ini juga mempunyai gardu pandang yang bisa dinikmati. Uniknya lagi, di gardu pandang, sobat native akan disuguhkan dengan dua panorama sekaligus. Dimana ada air terjun sipiso-piso. Dan danau toba dalam satu pandangan mata.

Oleh karena itu, jangan heran bila di hari-hari libur, banyak sekali sobat native yang lebih memilih mengunjungi gardu pandang ini daripada bersusah payah turun ke bawah. Coba nikmati kawasan ini pada sore hari. Saat senja hendak turun. Indahnya pasti membuat sobat native enggan untuk berkedip.

Tetapi, tunggu dulu, walaupun mengeluarkan keringat pemandangan nan elok akan tersaji di depan mata. Paling mengesankan adalah adrenalin yang tersaji dimana, samping kanan dan kiri adalah jurang yang menganga. Menerobos batas ketakutan dalam diri dan mampu mengalahkannya adalah kesenangan tersendiri.

Jadi, jangan lewatkan pengalaman menarik ini ya. Jangan lupa pula untuk membawa makanan dan minuman. Karena, sepanjang jalan turun menuju lokasi, tidak ada warung sedikit pun. disarankan bagi sobat native untuk tidak turun pada sore hari. Dikarenakan, kawasan ini belum ada penerangan sama sekali. Bila naik terlalu malam akan sangat membahayakan.

 

Sejarah

Bisa dikatakan sejarah kawasan ini memang panjang sebelum ditemukan dan menjadi objek wisata andalan rakyat sumatera. Dimana, dahulunya kawasan ini hanya semak-semak belukar yang tidak berarti apa pun. tidak banyak yang tahu bila kawasan ini memiliki air terjun secantik ini.

Selain itu masyarakat sekitar pun percaya mengenai legenda sipiso yang menjadi nama dari air terjun ini. Hanya saja, keberadaan legenda ini masih simpang siur benar atau tidak. Banyak yang bilang tidak, tetapi tak sedikit pula yang mempecanyai. Sehingga, kisah menarik dari kawasan ini pun terlewatkan begitu saja.

 

Alamat Lokasi

Letak lokasi kawasan ini berada di Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Jarak yang harus di tempuh dari berastagi adalah 35 km, bila dari kebanjahe adalah 24 km. Ada beberapa jalan yang menjadi pilihan sobat native menuju ke kawasan ini. Bisa menggunakan kendaraan Pribadi, dan bisa menggunakan kendaraan umum.

 

Cara Menuju Ke Air Terjun

Apabila, sobat berlibur ke sumatera utara bisa menggunakan layanan kami, Sebagai salah satu rental mobil dimedan untuk memenuhi kebutuan transportasi anda saat liburan dimedan, sumatera utara.

 

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *